wisata-edukasi-yiai

Wisata Edukasi

Pelajar atau santri adalah generasi muda yang akan menjadi pemimpin pada masa mendatang. Para calon pemimpin tentu harus memiliki kecerdasan, wawasan, semangat juang, mengenal budaya Indonesia dan cinta tanah air. Dengan modal tersebut, maka akan terlahir para pemimpin yang berwawasan luas, dan cinta tanah air serta kebudayaan bangsa. Karakter tersebut harus dibangun dan dipupuk. Oleh karena itu, para pelajar harus mampu membekali diri mereka agar dapat menjadi seorang pemimpin bangsa. Salah satu caranya yaitu dengan belajar. Baik belajar di dalam lingkup sekolah maupun di luar lingkup sekolah.

Suatu pembelajaran dapat dilakukan dimana saja seperti di sekolahan atau tempat lainnya. Pembelajaran juga dapat dilakukan di luar ruangan, seperti pengamatansuatu objek, mengenal suatu budaya, mengenal lingkungan dan lain sebagainya. Pembelajaran diluar sekolah dipilih sebagai teknik yang cocok untuk pembelajaran, karena suatu proses pembelajaran yang dilakukan siswa harus menyenangkan, sehinggasiswa tidak merasa bosan untuk belajar. Hal ini, menjadi salah satu upaya terciptanya pembelajaran yang terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar hanya dikelas dan di sekolah. Pembelajaran di luar kelas bisa juga dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat edukasi atau Study Tour.

Study tour merupakan kegiatan di luar kelas yang bertujuan untuk mempelajariproses yang sebenarnya langsung di lapangan. Tour diadakan karena kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengalaman secara langsung. Hal tersebut diadakan karena tidak mungkin menghadirkan setiap peristiwa ke dalam kelas untuk dipelajari dan diamati.

Museum Pendidikan Nasional UPI Bandung adalah lembaga yang memeliharawarisan pendidikan Indonesia, Museum Pendidikan Nasional ini menjadi bukti sejarahmasa lalu dan sejarah masa yang akan datang guna menunjang pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik. Maka, visi museum ini didedikasikan sebagailembaga nirlaba yang leading dan outstanding dalam upaya konservasi, edukasi, dan riset tentang perkembangan pendidikan Indonesia serta pusat rekreasi pendidikan.

 

TUJUAN PROGRAM

  1. Untuk mempertajam kesadaran para santri TPA Insan Anugrah Islami terhadap Pendidikan.
  2. Untuk mengembangkan sikap ingin tahu para santri TPA Insan Anugrah Islami, dan memperluas penetahuannya.
  3. Untuk menambah pengalaman para santri TPA Insan Anugrah Islami melalui objek,tempat, situasi, dan hubungan antar manusia yang tidak dapat disediakan di kelas.
  4. Untuk mengenalkan para santri TPA Insan Anugrah Islami tentang kemungkinanbidang kerja atau karir yang bisa mereka masuki sesuai dengan cita-cita mereka.
  5. Untuk memberikan suasana relaksasi di tengah rutinitas para santri TPA InsanAnugrah Islami yang terkadang menjemukan.
  6. Untuk mempererat keakraban dengan antar santri dan melatih santri TPA InsanAnugrah Islami dalam suatu kelompok.

 

BENTUK KEGIATAN

Kegiatan WISATA EDUKASI SANTRI TPA INSAN ANUGRAH ISLAMI ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mereka terhadap Pendidikan. Kegiatan ini berupa Wisata edukasi ke Museum Pendidikan Nasional Bandung.

ANGGARAN DANA

 

ANGGARAN WISATA EDUKASI
NO KEBUTUHAN JUMLAH HARGA TOTAL
1 Konsumsi 600 25,000 15,000,000
2 Transportasi 6 3,000,000 18,000,000
3 Tiket Masuk UPI 300 15,000 4,500,000
4 Tiket Famhouse lemban 300 30,000 9,000,000
5 Peralatan Game     1,000,000
6 Oprasionall     1,000,000
7 Dana Tak Terduga     2,000,000
8 Seragam 300 100,000 30,000,000
TOTAL 80,500,000

 

Sebarkan info ini melalui :  
YIAI